Rabu, Juli 13, 2011

THAILAND FOR VACATION

akhirnya tiba juga waktu berkumpul bersama keluarga setelah menunggu 6 bulan lamanya. sangat menghargai waktu yg sulit ini. karena kami sudah terpisah jarak dan waktu. sehingga hanya jarak dan waktu juga yg mempertemukan keluarga kami kembali. kali ini liburan kami habiskan di THAILAND! seminggu kami tinggal disana tidak hanya liburan belaka, tetapi membicarakan masa depan dan juga mengungkapkan rasa rindu dengan berbagai macam ekspresi.

H1
hari keberangkatan pun tiba. kami terbang dengan pesawat Air Asia pukul 16.30, tetapi karena satu dan lain hal akhirnya baru berangkat pukul 17.15. perjalanan ditempuh selama 3 jam 30 menit. langsung nyari taksi dan menuju hotel Grand Tower Inn. ingat! jangan sampe ketipu dengan agen, mendingan nyari taksi sendiri, karena anda akan sangat rugi!

H2
karena hari pertama di thailand adalah hari minggu, maka kami pergi ke pasar Caktucak (pasar tradisional dan pasar terbesar di thailand yang buka hanya pada hari sabtu minggu, semua peralatan, baju, makanan, perhiasan, sepatu, kain khas thailand ada di pasar ini dengan harga yg murah). jam 10 kami berangkat menggunakan taksi 50 baht, sekitar Rp15.000,00 (taksi di thailand cukup murah dibandingkan taksi di jakarta). sampai disana kami makan pagi dahulu, berhubung disana makanan semuanya menggunakan babi, cukup sulit mencari makanan yg halal. akhirnya kami makan di kedai mie punya orang muslim, chicken noodle/chicken with rice/duck noodle/duck with rice dengan harga 40 baht/ Rp 12.000,00. muter-muter pasar dan menemani mama berbelanja. beli es (pepsi/cocacola/fanta yang di bekukan) 4 baht/batang. selain itu ada makanan siap saji seperti ayam goreng, kepiting rebus, sosis goreng, semuanya sekitar 50 baht/porsi. setelah selesai dari pasar caktucak, kita pergi ke mall terbesar di thailan, Siam Paragon. keliling-keliling melihat Siam Paragon (tidak berbeda jauh dengan mall di indonesia). makan KFC sebelum pulang, dan setelah makan kita istirahat.

H3
saatnya berkunjung ke National Museum. naik taksi hanya 20 baht saja. harga tiket masuk ke national museum 50 baht/orang. karena cuaca sangat panas, kita beli minuman dulu, coca cola dgn harga 30 baht. keliling-keliling dan berfoto-foto, banyak sekali patung budhanya, dan ada patung budha tiduran. setelah itu kita akan pergi ke kanal (mengelilingi sungai dengan perahu), naik perahu seharga 1200 baht. keadaan sungainya keruh, melewati perumahan-perumahan di pinggir sungai, ada sekolahan juga, dan ada tempat pemberhentian buat membeli oleh-oleh di toko pinggir sungai atau ibu-ibu yg berjualan di atas kapalnya. kita sempat berhenti sejenak untuk memberi makan ikan (ikan lele yang besar-besar banget, tidak boleh dipancing). perahu berhenti di grand palace, sudah kelaperan tapi susah sekali mencari makan, akhirnya makan mie (rasanya kayak isi lumpia basah) dan minum jus saja, untuk mie harganya sekitar 35/40 baht, untuk jus buah harganya 20-25 baht. tadinya mau ke pasar pahurat, tapi ternyata tuk-tuknya membawa kami ke cinn jewerly (toko perhiasan dengan batuan yg digali sendiri oleh warga thailand).

H4
akhirnya hari ini city tour juga, ditemani oleh HOI dari RCI. hanya keliling-keliling kota thailand saja. dan lagi-lagi berakhir di toko perhiasan itu, tapi kali ini toko perhiasan yg paling besar di thailand dan punya 3 cabang, di phuket, bangkok, dan pattaya, GEMS JEWELRY. setelah dari gems, kita diantar ke phahurat market (tempat orang India berbelanja), disini muter-muter nyari sari yg dipesen sama temen mama. karena gak dapet akhirnya kita pulang, dan sampe hotel kita berenang dulu. malamnya kita berencana ke callypso (pertunjukkan banci-banci di Asia Hotel). karena terlalu mahal (1200 baht/orang) dan waktu tidak memungkinkan, akhirnya kita ke central world. beli sepatu jibing dan kembali ke hotel.

H5
tujuan hari ini adalah GRAND PALACE (tempat kerajaan). yg bisa dipelajari dari grand palace ini adalah bagaimana pemerintah sangat pintar untuk membuat pemasukan negaranya. harga tiket melihat grand palace saa 350 baht ( ya seperti kita masuk ke istana negara kalo di indonesia) tapi penataan ruangan dan penempatan bangunan-bangunannya membuat banyak turis pasti ingin datang dan melihatnya. karena terlalu panas dan sudah semua tempat dikelilingi, akhirnya kita pergi ke MBK (tempat pembelanjaan lagi). disana kita nnto transformer 3, tiketnya 80 baht/orang. setelah nnton akhirnya makan di chester grill. selagi menunggu mama berbelanja, kami akhirnya internetan, akhirnya bisa berhubungan dengan dunia luar juga. karena di thailand kalo mau sms mahal pisan, dan gak bisa internetan di hotel, super mahal. setelah selesai, cepat kembali ke hotel untuk istirahat karena besok akan ke Pattaya!

H6
pagi-pagi buta udah bangun. jam 6 pun sudah siap pergi ke pattaya. sampai di pattaya sekitar jam 8.45. kita cari kapal yg bisa disewa untuk sekeluarga, ternyata tidak ada dan akhirnya kita bergabung bersama para india yg super rame dan heboh itu. cuaca kota pattaya adalah sangat panas yg bikin pusing kepala, sangat menyengat. pengaturan kotanya tidak jauh berbeda sama bali. di sepanjang jalan kaki di pinggir pantai banyak terdapat pedagang kaki lima. tibalah saatnya untuk naik kapal feri. angin dan ombaknya cukup kencang. setelah 5 menit naik kapal, sampailah di tempat pemberhentian pertama, di tempat parasailing. naik parasailing 400 baht/orang, muter sekali dan diceburin ke laut (kalo kita minta diceburin). setelah itu lanjut lagi ke pulau kecil bernama coral island, disana berhenti lagi di tengah laut untuk menyelam melihat keindahan coralnya. setelah itu kita ke pantainya. pantainya tidak seluas kuta, tapi orang disana cukup banyak, kebanyakan orang india (entah kenapa mereka banyak sekali, pattaya seperti kota wajib dikunjungi mereka). karena gak kuat mataharinya sangat panas, saya hanya tiduran di bawah tenda saja. jam 12.30 pun dipanggil kembali oleh tour guidenya untuk kembali ke pattaya. disana mandi-mandi, terus cari McD buat makan siang. dan menikmati pattaya sampai petang hari. dan kembali ke hotel lagi.

H7
masih kecapekan karena hari kemarin, akhirnya kami hanya pergi ke bang lampu (tempat para backpacker, ada kawasan muslimnya juga). disana mencari mesjid untuk sholat jumat, sembari menunggu waktu sholat, kami berinternetan ria di salah satu motel yg ada disana. setelah itu sholat jumat dan makan siang di Aisyah (tempat makan khusus orang muslim di bang lampu sana). karena semua objek sudah dikunjungi dan besok kami akan pulang, maka setelah makan siang, kami kembali ke hotel dan berpacking ria.

H8
tibalah hari kepulangan ke indonesia! akhirnya akan makan sambel pedes lagi, dan makanan yg tidak nanggung rasanya. pesawat pulang adalah pukul 8.45 malem, jadinya sesiangan kita muter2 aja di MBK sambil menghabiskan waktu. setelah itu jam 3 sore langsung ke bandara. disana menunggu, check in, dan menunggu pesawat lagi. lagi dan lagi penerbangan ditunda, oooh Air Asia. jam 9.15 kita baru lepas landas. jam 1.30 pagi kita baru sampai jakarta. WELCOME BACK!